- Pengertian Evaluasi secara Umum
Evaluasi merupakan salah satu kegiatan yang tidak
mungkin dapat dipisahkan dari proses pembelajaran. Proses pembelajaran diakhiri
dengan kegiatan evaluasi untuk dapat
menilai proses dan hasil belajar secara objektif.
Ada beberapa pengertian evaluasi menurut para
ahli, sebagai berikut
diantaranya :
a. Linn dan Gronlund
Evaluasi merupakan proses yang sistematis untuk
pengumpulan, penganalisisan, dan penafsiran data / informasi demi menentukan sejauh
mana anak dapat mencapai tujuan pembelajaran.
b. Ralph tayler
Evaluasi merupakan sebuah proses pengumpulan data
dan menentukan sejauh mana, dalam hal apa dan bagian mana tujuan pendidikan
sudah tercapai.
c.
Wandi dan Bround (dalaam hidayat:1991)
Evaluasi
adalah suatu tindakan porses untuk menentukan nilai sesuatu.
d.
Witheringthon (dalam hidayat: 1994)
Evaluasi adalah penentuan apakah sesuatu itu
berharga, bernilai atau tidak.
e.
guba
Evaluasi merupakan suatu proses memberikan
pertimbangan mengenai nilai dan arti sesuatu yang dipertimbangkan. Sesuatu itu
dapat berupa orang, benda, kegiatan, keadaan, dll.
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan
bahwa, Evaluasi merupakan suatu proses memilih. Mengumpulkan dan menafsirkan
data untuk membuat keputusan serta penyusunan program selanjutnya.
Informasi hasil evaluasi diperlukan sebagai
masukan bagi pengambilan keputusan mengenai program dan pelaksanaan kegiatan
pembelajaran dan mengetahui apakah kegiatan pembelajaran sudah mencapai tujuan
atau belum.
- Pengertian dan Dasar Evaluasi di TK
Evaluasi di TK merupakan usaha untk mendapatkan
berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, serta menyeluruh tentang
proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai anak
melalui kegiatan belajar.
Evaluasi juga merupakan upaya untuk mendapatkan
informasi / data secara menyeluruh yang menyangkut semua aspek kepribadian anak
terhadap proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai
melalui proses pembelajaran.
- Perbedaan Asesmen dan Evaluasi
Bentuk penilaian di TK disebut asesmen. Yaitu
suatu proses pengamatan, pencatatan dan pendokumentasian kinerja dan karya anak
didik dan bagaimana ia melakukannya sebagai dasar pengambilan keputusan
pendidikan anak sebagai acuan langkah kedepannya.
Beberapa pengertian asesmen, :
- Menurut NSW departement of Education (dikutip Arthur, 1996:324)
Asesmen adalah proses pengumpulan fakta – fakta
dan membuat keputusan tentang kebutuhan, kekuatan, kemampuan dan kemajuan
siswa.
- Menurut jamaris ( dalam makalah Asesmen Perkembangan Anak Usia TK berbasis kecerdasan Jamak, 2004 )
Asesmen merupakan suatu proses kegiatan yang
dilaksanakan dengan tujuan untuk mengumpulkan data atau bukti – bukti tentang
perkembangan dan hasil belajar anak usia dini.
- Menurut Hill (1993)
Asesmen adalah proses pengumpulan peristiwa / informasi
dan mendokumentasikan pembelajaran dan pertumbuhan anak.
Asesmen tidak digunakan untuk mengukur
keberhasilan suatu program tetapi untuk mengetahui bagaimana perkembangan dan
kemajuan belajar anak
Asesmen tidak dilakukan diakhir program tetapi
dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan sehingga kemajuan peserta didik
dapat diketahui. Yaitu dengan mengamati tindak tandk anak saat bermain,
menggambar ataupun dari karya – karya anak yang lainnya.
Pada saat melakukan asessmen terhadap anak guru
perlu memperhatikan prinsip-prinsip asesmen, yaitu sebagai berikut :
- Holistik (menyeluruh.) Yakni meliputi seluruh aspek perkembangan anak seperti aspek fisik motorik, kognitif, sosial, moral, emosional, bahasa dan kreativitas.
- Otentik (nyata) Yaitu asesmen dilakukan melalui kegiatan yang riil, fumgsional, dan alami dengan harapan dapat menggambarkan kemampuan anak yang sesungguhnya.
- Kontinyiu (berulang ulang.) Dilakukan secara kontiniu/berulang setiap saat anak melakukan kegiatan belajar.
- Individual bahwa asesesmen dilakukan secara perorangan dengan melihat perkembangan setiap anak secara individual.
- Multisumber dan multikonteks, yang berarti bahwa asesmen dilakukan pada berbagai konteks. Misalnya. pada Kegiatan menggunting, mewarnai pola, menggambar bentuk dan menempel.
Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam asesmen
ini adalah :
-
sistem
belajar tuntas yaitu siswa tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya
sebelum ia mampu menyelesaikan tugasnya dengan benar dan baik.
-
Penilaian
berkelanjutan artinya penilaiann dilakukan secara bertahap dan terus menerus
sampai memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan belajar siswa
sebagai hasil dari kegiatan belajarnya.
-
Adil dalam
mengukur dan menilai setiap aspek perkembangan individu anak.
-
Jujur dan
objektif. Artinya penilaian dilakukan secara transparan dan hasil penilaian
harus dilaporkan kepada orangtua agar orangtua dapat memberi stimulasi yang
tepat untuk perkembangan dan pertumbuhan anaknya.
judi togel singapura terbesar
BalasHapusAyo segera
Agen TOGEL 4DPOIN,Online Terpercaya.
Minimal Deposit Dan Withdraw 20.000
Keterangan Lebih Lanjut, Anda Bisa Hubungi Disini.
★ Pin BBM : D1A279B6
★Pin BBM : 7B83E334
★Whatsapp : +85598291698
★Skype : Poin.4D
★Line : +85598291698