1. Kenapa
kreativitas penting dikembangkan semenjak usia dini ?
Kreativitas perlu dikembangkan sejak dini karena
kreativitas mempengaruhi dan meningkatkan kecerdasan seseorang. Kreativitas
merupakan salah satu aspek penting. Seorang anak lahir membawa potensi kreatif.
Dengan potensi kreatif yang dimilikinya, anak akan senantiasa membutuhkan
aktivitas yang sarat dengan ide – ide kreatif. Secara alami rasa ingintahu
telah dikaruniai oleh sang pencipta. Maka secara alami pula anak memiliki
kemampuan untuk mempelajari sesuatu dengan caranya sendiri.
Anak-anak
senantiasa tumbuh dan berkembang. Mereka menampilkan ciri-ciri fisik dan
psikologis yang berbeda untuk tiap tahap perkembangannya. Masa anak-anak
merupakan masa puncak kreativitasnya, dan kreativitas mereka perlu terus dijaga
dan dikembangkan dengan menciptakan lingkungan yang menghargai kreativitas itu
sendiri.
2.
Bagaimana cara seorang guru mengembangkan kreativitas
pada anak ?
Dapat dilakukan
beberapa hal sebagai berikut:
-
Kembangkan ketertarikan anak terhadap proses pembelajaran
diamna disini diperlukan kemampuan guru membuat strategi pembelajaran yang
baik.
-
Menghargai setiap nilai – nilai kreatif yang dilakukan
anak.
-
Jangan mengatakan perbuatan yang salah / benar ketika
anak melakukan suatu proses.
-
Ketahuilah bahwa setiap anak ituu kreatif
-
Identifikasi anak, mana anak yang lebih kreatif dan mana
yang biasa – biasa saja. Tujuannya pada anak yang lebih kreatif agar dapat
ditindak lanjuti, sedangkan anak yang biasa – biasa saja agar dapat
ditingkatkan kreativitasnya.
-
Sediakan peralatan dan perlengkapan yang bisa mengeksplorasi/
mengembangkan kreativitas anak.
-
Jangan batasi dengan waktu
-
Perkenalkan anak dengan benda – benda baru dan teknik –
teknik baru.
-
Harus adanya komunikasi antara guru dan orangtua tentang
perkembangan kreativitas anaknya. Dalam hal ini guru perlu menginformasikan pada orangtua
bahwa kreativitas anak di usia dini tidak harus menghasilkan sesuatu yang bagus
namun dilihat dari proses bagaimana ia menemukenali.
3.
Mengapa evaluasi di anggap dapat menghambat bahkan
menghambat kreativitas anak?
Salah satu syarat untuk memupuk
kreativitas konstruktif ialah bahwa pendidik tidak memberikan evaluasi, atau
paling tidak menunda pemberian evaluasi sewaktu anak sedang asyik berkreasi,
bahkan menduga akan di evaluasi pun dapat mengurangi kreativitas anak, misalnya
anak di tugas kan untuk menggambar, apabila hasil gambar yang telah di buat
anak di nilai kurang kreatif, mereka akan berkecil hati karena hasil karya nya
di kritik, dan dapat mematah kan semangat anak untuk berkarya, dan sebalik nya
pujian pun dapat membuat anak kurang kreatif, jika pujian itu membuat mereka
memusat kan perhatian pada harapan akan di nilai, eksperimen lainnya
menunjukkan bahwa perasaan di amati selagi bekerja dapat mengurangi kreativita
anak.
4. Kenapa perlu Kurikulum
berdifferensiasi untuk anak berbakat
dan apa perbedaannya dengan kurikulum yang umum. Jelaskan!
Kurikulum berdiferensiasi merupakan kurikulum nasional dan lokal Kurikulum
bagi siswa cerdas istimewa tidak berbeda dengan kurikulum nasional yang
dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional yang dimodifikasi
dengan penekanan pada materi esensial dan dikembangkan melalui sistemeskalasi
dam enrichment yang dapat memacu dan mewadahi secara
integrasi pengembangan spiritual, logika, etika dan estetika, kreatif,
sistematik, linier dankonvergen.
Anak berbakat memerlukan kurikulum yang
berdiferensiasi agar mereka dapat mengembangkan bakat mereka seluas-luasnya dan
tidak menjadi underachiever. Kurikulum yang sesuai dengan tingkatan anak
berbakat akan memberikan rasa kepuasan dan tantangan bagi mereka sehingga
mereka tidak merasa bosan di sekolah. Guru yang akan mengajar anak berbakat
juga harus diberikan pelatihan mengenai kurikulum yang berdiferensiasi agar
mereka dapat menerapkannya dengan baik untuk anak berbakat.
Tiga hal yang
membedakan kurikulum berdiferensiasi dengan kurikulum umum:
a)
Konten. Muatan atau
materi yang diberikan kepada anak berbekat berbeda-beda sesuai dengan minat dan
kemampuan anak.
b)
Proses. Proses
belajar anak berbakat, entah itu waktu maupun caranya, dibedakan dengan anak
umumnya sesuai dengan tingkat kemampuan anak.
c)
Produk. Dalam hal
penugasan, anak berbakat diberikan beban produk yang lebuh rumit dan kompleks
daripada anak umum. Produk belajar itu sendiri dapat berupa lisan, tulisan,
ataupun benda.
5.
Jelaskan
tentang unsur apa saja yang terdapat dalam Pengembangan kreatifitas
Unsur –
unsur kreativitas adalah sebagai berikut :
a.Pribadi, Kreatifitas adalah ungkapan keunikan individu dalam interaksi dengan
lingkungan. Dari pribadi yang unik inilah diharapkan timbul ide – ide
baru dan produk – produk yang inovatif.
b. Pendorong, Untuk mewujudkan bakat kreatif siswa diperlukan
dorongan dan dukungan dari lingkungan (motivasi eksternal) yang berupa
apresiasi, dukungan, pemberian penghargaan, pujian, insentif, dan dorongan dari
dalam diri siswa sendiri (motivasi internal) untuk menghasilkan sesuatu. Bakat
kreatif dapat berkembang dalam lingkungan yang mendukung, tetapi dapat pula
dihambat dalam lingkungan yang tidak mendukung. Banyak orang tua yang kurang
menghargai kegiatan kreatif anak mereka dan lebih memprioritaskan pencapaian
prestasi akademik yang tinggi dan memperoleh rangking tinggi dalam kelasnya.
Demikian pula guru meskipun menyadari pentingnya perkembangan kreatifitas
tetapi dengan kurikulum yang ketat dan kelas dengan jumlah murid yang banyak
maka tidak ada waktu bagi pengembangan kreativitas.
c. Proses, Untuk mengembangkan kreativitas siswa, ia perlu diberi
kesempatan untuk bersibuk secara aktif. Pendidik hendaknya dapat merangsang
siswa untuk melibatkan dirinya dalam berbagai kegiatan kreatif. Untuk itu yang
penting adalah memberi kebebasan kepada siswa untuk mengekspresikan dirinya
secara kreatif.
d. Produk, Kondisi yang memungkinkan seseorang menciptakan produk
kreatif yang bermakna adalah kondisi pribadi dan lingkungan yaitu sejauh mana
keduanya mendorong seseorang untuk melibatkan dirinya dalam proses (Kesibukan ,
kegiatan) kreatif. Yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa pendidik menghargai
produk kreatifitas anak dan mengkomunikasikannya kepada yang lain, misalnya
dengan mempertunjukkan atau memamerkan hasil karya anak. Ini akan lebih menggugah minat anak untuk berkreasi.
togel singapore
BalasHapusAyo segera
Agen TOGEL 4DPOIN,Online Terpercaya.
Minimal Deposit Dan Withdraw 20.000
Keterangan Lebih Lanjut, Anda Bisa Hubungi Disini.
★ Pin BBM : D1A279B6
★Pin BBM : 7B83E334
★Whatsapp : +85598291698
★Skype : Poin.4D
★Line : +85598291698